• Selamat Datang Di Website Resmi Puskesmas Todanan !!
  • |
  • Semangat Efektif Harmonis Akuntabel Teladan !!
  • |
  • Cegah Korupsi Tulus Melayani !!
  • |
  • ANDA MEMASUKI ZONA INTEGRITAS PUSKESMAS TODANAN
  • |

SURVEY KEPUASAN MASYARAKAT TRIMESTER II 2023

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat UPTD Puskesmas Todanan Tahun 2023 maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1.    UPTD Puskesmas Todanan telah melaksanakan kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2023 dengan baik dan benar serta sesuai dengan petunjuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman penyusunan Survei kepuasan masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
2.    Secara umum kualitas pelayanan di lingkungan UPTD Puskesmas Todanan pada tahun 2023 dipersepsikan Baik oleh publik, hal ini terlihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat yang diperoleh dari 9 unsur pelayanan adalah 89,24.
3.    Berdasarkan hasil survei beberapa unsur perlu dilakukan perbaikan yaitu:
1)    Persyaratan Pelayanan.
2)    Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan.
3)    Sarana dan Prasarana Pelayanan.
4.    Sedangkan tiga unsur dengan nilai tertinggi yaitu:
1)    Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan.
2)    Biaya/Tarif.
3)    Kompetensi petugas.

B.    Rekomendasi
Dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan pelayanan publik, UPTD Puskesmas Todanan sebagai pelayanan publik terus memberi perhatian hal-hal yang merupakan prioritas pembenahan. Prioritas pembenahan yang direkomendasikan tersebut antara lain:
1.    Perlu upaya untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik, dengan melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan secara konsisten terutama pada persyaratan pelayanan, sistem mekanisme dan prosedur pelayanan, dan sarana prasarana.
2.    Memberikan informasi secara jelas kepada publik tentang persyaratan pelayanan kesehatan yang harus dipenuhi, dengan menambah jumlah wahana informasi dan menempatkannya di tempat yang dapat dengan mudah dilihat serta publikasi di website puskesmas sehingga informasinya dapat dibaca jelas oleh publik.
3.    Sosialisasi SOP layanan, alur, sistem dan mekanisme layanan.
4.    Mengajukan RUK tentang kelengkapan sarana prasarana.

C.    Penutup
Survei kepuasan masyarakat perlu dilakukan secara berkelanjutan sebagai dasar dalam rangka peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik di lingkungan UPTD Puskesmas Todanan.

Berdasarkan hasil Survei Kepuasan Masyarakat UPTD Puskesmas Todanan Tahun 2023 maka kesimpulan yang dapat diambil adalah sebagai berikut:
1.    UPTD Puskesmas Todanan telah melaksanakan kegiatan Survei Kepuasan Masyarakat Tahun 2023 dengan baik dan benar serta sesuai dengan petunjuk Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi RI Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman penyusunan Survei kepuasan masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
2.    Secara umum kualitas pelayanan di lingkungan UPTD Puskesmas Todanan pada tahun 2023 dipersepsikan Baik oleh publik, hal ini terlihat dari Indeks Kepuasan Masyarakat yang diperoleh dari 9 unsur pelayanan adalah 89,24.
3.    Berdasarkan hasil survei beberapa unsur perlu dilakukan perbaikan yaitu:
1)    Persyaratan Pelayanan.
2)    Sistem, Mekanisme dan Prosedur Pelayanan.
3)    Sarana dan Prasarana Pelayanan.
4.    Sedangkan tiga unsur dengan nilai tertinggi yaitu:
1)    Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan.
2)    Biaya/Tarif.
3)    Kompetensi petugas.

B.    Rekomendasi
Dalam rangka meningkatkan dan mempertahankan pelayanan publik, UPTD Puskesmas Todanan sebagai pelayanan publik terus memberi perhatian hal-hal yang merupakan prioritas pembenahan. Prioritas pembenahan yang direkomendasikan tersebut antara lain:
1.    Perlu upaya untuk mempertahankan kualitas pelayanan yang sudah baik, dengan melakukan upaya peningkatan kualitas pelayanan secara konsisten terutama pada persyaratan pelayanan, sistem mekanisme dan prosedur pelayanan, dan sarana prasarana.
2.    Memberikan informasi secara jelas kepada publik tentang persyaratan pelayanan kesehatan yang harus dipenuhi, dengan menambah jumlah wahana informasi dan menempatkannya di tempat yang dapat dengan mudah dilihat serta publikasi di website puskesmas sehingga informasinya dapat dibaca jelas oleh publik.
3.    Sosialisasi SOP layanan, alur, sistem dan mekanisme layanan.
4.    Mengajukan RUK tentang kelengkapan sarana prasarana.

C.    Penutup
Survei kepuasan masyarakat perlu dilakukan secara berkelanjutan sebagai dasar dalam rangka peningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik di lingkungan UPTD Puskesmas Todanan.